kumpulan resep membuat masakan indonesia yang enak dan lezat, berbagai macam kuliner dari sabang sampai merauke.

Selasa, 24 November 2015

Resep Sederhana Membuat Pancake Yang Enak

Resep cara membuat pancake mungkin sobat kuliner sudah banyak mengetikkan kata kunci bertanya kepada simbah google untuk mencari jawaban atas resep cara membuat pancake yang enak. Namun sebetulnya cara membuat pancake itu cukuplah mudah asalkan sobat kuliner banyak membaca referensi baik dari majalah maupun dari internet untuk dipraktekkan, kalau cukup tahu tanpa dipraktekkan hasilnya pasti akan percuma saja bukan. Pancake sangatlah cocok sebagai hidangan keluarga. Terlebih lagi jika dikonsumsi pada waktu sarapan pagi, pancake akan berasa lebih nikmat dan berselera serta menambah mood bagi penikmatnya. 
 
Resep Sederhana Membuat Pancake Yang Enak
Resep Sederhana Membuat Pancake Yang Enak
 
 
 Untuk sobat kuliner yang sangat ingin sekali membuat pancake pastilah sering bertanya – tanya bagaimana sih caranya membuat pancake yang enak dan mudah itu?? Untuk itu mungkin ulasan sedikit dibawah ini dapat dijadikan referensi bagi sobat kuliner untuk mencobanya bagaimana cara membuat pancake yang enak dan mudah. Langkah pertama yaitu mempersiapkan bahan-bahan membuat pancake,

Bahan - bahan untuk Membuat Pancake yang enak
  • 200 gr tepung terigu
  • 500 ml susu cair
  • 2 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
  • Garam secukupnya
  • Sedikit margarin untuk olesan
  • Es Krim atau Sirup Maple ( untuk toppingnya )

Langkah-langkah Cara Membuat Pancake yang enak

  1. Pertama-tama campur secara merata dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur dan susu dengan ballon whisk sampai rata atau sobat kuliner bisa mempergunakan mixer listrik dengan kecepatan yang paling rendah (jika tidak mempunyai ballon whisk atau mixer, dapat juga menggunakan spatula dari kayu)
  2. Selanjutnya kocok putih telur sampai kaku. Untuk mengocoknya dapat menggunakan garpu maupun ballon whisk.
  3. Selanjutnya masukkan adonan tepung tadi ke dalam adonan putih telur, aduk secara merata. Untuk mencampur adonan tepung dengan putih telur, sobat kuliner dapat menggunakan teknik pancing. Teknik pancing ini yaitu dengan cara mengambil sedikit putih telur lalu mencampurkannya ke dalam terigu, aduk sampai rata kemudian tambah sedikit demi sedikit. lalu baru masukkan adonan terigu ke dalam putih telur. Langkah ini berfungsi untuk menghindari putih telur yang bergerindil.
  4. Selanjutnya panaskan teflon diameter paling kecil (teflon yang biasa untuk bikin telor ceplok), olesi dengan margarin dan kecilkan api. Jika tidak punya teflon yang paling kecil bisa juga menggunakan teflon ukuran standar.
  5. Selanjutnya tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, lalu tutup sebentar
  6. Jika sudah sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya, adonan kemudian dibalik

Tips Membuat Pancake yang Enak

  1. Salah satu kunci utama kenapa kok pancake yang dibuat bisa lembut teksturnya walaupun tanpa menggunakan buttermilk ialah teknik pada pemisahan kuning telur dengan putih telurnya.
  2. Untuk mendapatkan pancake yang lebih manis, sobat kuliner bisa menambahkan 1 sendok makan gula pasir yang diaduk bersama dengan terigu, garam, kuning telur, dan susu.
  3. Jika tidak punya wajan teflon seukuran telur ceplok, sobat kuliner bisa menggunakan wajan teflon biasa meskipun nanti bentuk pancakenya menjadi tidak seragam. Atau bisa juga menggunakan ring/cetakan pancake seperti bentuk bulat, bintang, dll.
  4. Pancake ini sangat enak bila disajikan dalam keadaan masih hangat.
  5. Menikmati Pancake akan lebih mengasyikkan dan nikmat jika pancake disajikan dengan puding agar – agar.

Demikianlah ulasan singkat ini buat sobat kuliner bagaimana cara membuat pancake yang enak. Resep pancake ini dapat dipraktekkan secara langsung untuk sajian istimewa, sarapan pagi atau camilan untuk keluarga. Selamat mencoba yak sobat kuliner :)

Resep Sederhana Membuat Pancake Yang Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown